Wednesday 12 August 2015

Untuk Bersabar Kita Perlukan ILMU

Seperti bunyi ayat Al-Quran Surah Ali-Imran: 200, bahwa kesabaran perlu terus diteguhkan, maka menghadirkan kebahagiaan lebih banyak lagi adalah salah satu caranya. 

Sering kita mendengar kalimat "Sabar itu ada batasnya." Ya! Jika kita ingin membatasinya! Faktanya, Allah Swt., tak hanya memerintahkan kita untuk bersabar, tapi juga untuk terus menguatkannya. Bagaimana caranya? Nabi Khidr berkata kepada Nabi Musa saat ingin ikut bersamanya, "Musa, kau takkan sabar ikut bersamaku. Bagaimana kau akan sabar terhadap apa-apa yang kau tak miliki pengetahuanya?" ILMU. Itulah yang akan membuat seseorang dapat lebih bersabar terhadap apa yang dihadapinya. Perlu untaian kalimat yang menggembirakan mengapa kita harus terus bersabar. Perlu mendedah alasan mengapa seseorang tidak bersabar. Dan, hati kita ini perlu mengenal lebih dekat dengan Sang pengatur Alam Semesta, agar tak tersasar sangka pada segala kehendakNya. Menerima ketetapan Tuhan itu seringkali terasa pelik. Perlu berdamai antara asa dan kenyataan. 


Semua itu dihadirkan di buku Crayon Untuk Pelangi Sabarmu dengan kalimat indah, ilustrasi penuh warna, dengan bahasa yang amat manusiawi. 

Pada akhirnya, ketetapan Tuhan tetap berjalan dan manusia hanya dapat berusaha. Menghadirkan hati yang nerimo dan lapang adalah usaha yang amat berarti untuk menjadi hambaNya. Semoga #CrayonUntukPelangiSabarmu ini dapat meneguhkan kesabaran dalam kehidupan. Semoga kesabaran kian menawan dan meneguh. Karena sabar itu sesaat di dunia ini, yang tiada batas itulah pahalanya. "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka (dengan) tanpa batas." (QS. AzZumar: 10)

Pegang Crayon-mu, mari kita lukis pelangi kesabaran. Lebih indah lagi! Karena kesabaran perlu terus diteguhkan!

No comments :

Post a Comment